Jumat, 27 Februari 2015

Apakah Sosok Jihadi John Adalah Mohammad Emwazi ?


M Fachry untuk Al-Mustaqbal Channel

LONDON, UK (Al-Mustaqbal Channel) – Sosok Mujahidin Daulah Khilafah Jihadi John banyak menarik perhatian, terutama warga kafir Barat yang “gentar” dengan aksi-aksi eksekusi Jihadi John di video rilisan resmi Daulah Khilafah. Siapakah sebenarnya beliau? Apakah benar Jihadi John adalah Mohammad Emwazi, sarjana komputer berusia 20 tahun, kelahiran Kuwait yang besar di London?
Siapa tak mengenal sosok Jihadi John? Nama Jihadi John adalah “julukan” eksekutor Daulah Khilafah yang selalu mengenakan pakaian hitam-hitam dengan gantungan pistol kulit di bahu serta penutup muka dan kepala yang juga berwarna hitam.
Dengan aksen kental Inggris Jihadi John selalu mengawali aksinya dengan penjelasan mengapa sosok tawanan yang selalu mengenakan baju yang sama, baju coverall berwarna oranye akhirnya dieksekusi oleh Daulah Khilafah. Dalam empat video yang dirilis oleh Daulah Khilafah, Jihadi John selalu menggunakan belati yang dipegang dengan tangan kirinya. Benarkah ternyata Jihadi John yang menggentarkan kafir Barat tersebut adalah Mohammad Emwazi?
Laman berita CNN, dikutip di Jakarta, Kamis, menyatakan, nama asli Jihadi John adalah Mohammad Emwazi. Hal itu dikonfirmasi kepada Washington Post dan Reuter melalui telefon seorang teman dekatnya, satu kelompok pejuang HAM Inggris yang bisa menghubungi Emwazi sebelum dia berangkat ke Suriah juga menyatakan mereka yakin Jihadi John itu adalah Emwazi.
Akan tetapi, Kepolisian Metropolitan London menolak mengonfirmasi bahwa laki-laki itu Emwazi sebagaimana dilaporkan Reuters dan Washington Post.
“Kami sebelumnya meminta media massa jangan berspekulasi tentang rincian investigasi kami karena ada manusia lain yang hidupnya tengah menghadapi resiko besar,” kata Komandan Komando Kontra Terorisme Kepolisian Metropolitan London, Richard Walton, sebagaimana dinyatakan www.cnn.com.
“Kami tidak akan mengonformasi identitas seseorang pada tahapan ini atau memberi pembaruan perkembangan penyelidikan kontra terorisme kami,” kata Walton. Lalu Siapakah Mohammad Emwazi?
Dari Seorang Sarjana Komputer Hingga Menjadi Jihadi John
Siapakah sebenarnya Mohammad Emwazi? Emwazi adalah seorang programer komputer asal London keturunan Kuwait. Beliau berasal dari keluarga menengah dan meraih gelar sarjana pada bidang program komputer, diyakini pergi ke Suriah pada 2012 di mana dia akhirnya bergabung dengan Daulah Khilafah. Di situs www.cnn.com, beliau dikatakan sebagai laki-laki yang wajah, perawakan, dan suaranya sangat “sudah dikenal”.
Seorang petinggi Yayasan Asia Pasifik, Sajjan Gohel, menyatakan, sudah menjadi rahasia terbuka bahwa intelijen Amerika Serikat dan Inggris sudah paham bahwa Jihadi John itu adalah Mohammed Emwazi, yang memiliki bentuk mata sayu dengan bulu mata lebat.
Akan tetapi, seorang bekas petinggi CIA menyatakan, sekali identitas asli seorang teroris (baca : Mujahidin) diungkap maka sangat besar kemungkinan dia akan bersembunyi permanen untuk kemudian menghilang. Laman www.cnn.com mendeskripsikan Jihadi sebagai seorang laki-laki yang lebih suka menghindari kontak mata dengan perempuan dalam percakapan.
Pusat Internasional untuk Studi Radikalisasi pada London’s King’s College, yang selama ini menjadi sumber utama dalam meneliti para aktivis jihad asing, mengatakan identitas ini “akurat dan benar”.
Cage, kelompok pembela HAM yang pernah menjalin kontak dengan Emwazi selama dua tahun atas sangkaan kekerasan oleh petugas keamanan Inggris, mengatakan pria itu mirip sekali dengan militan bertudung (berpenutup muka) itu.
Direktur riset Cage Asim Qureshi berkata kepada seorang wartawan Washington Post bahwa karena ada tudung itu maka belum 100 persen yakin orang itu adalah Emwazi.
New York Times mengutip seorang pejabat senior Inggris melaporkan bahwa Emwazi sebenarnya sudah diidentifikasi beberapa tahun lalu namun namanya dirahasiakan untuk alasan operasional.
Namun Kepolisian Metropolitan London tidak akan mengonfirmasi laporan yang muncul pertama kali di Washington Post yang menyebut si tersangka adalah Emwazi, yang tumbuh di London barat setelah pindah ke Inggris pada usia enam tahun.
“Kami tidak akan memastikan identitas siapa pun, pada tingkat ini,” kata Richard Walton, ketua Komando Kontraterorisme.
Kementerian Dalam Negeri Inggris juga enggan bersegera mengomentari laporan media itu.
Emwazi yang diyakini masih berusia 20-an, diidentifikasi oleh The Post oleh teman-teman dan keluarganya, dengan salah seorang di antaranya berkata kepada koran AS ini, “Saya yakini Mohammed adalah Jihadi John”.
Beliau digambarkan seorang yang pendiam dan sopan dengan cita rasa berbusana tinggi.
Beliau pernah ditahan oleh pihak berwenang menyusul sebuah penerbangan ke Tanzania dan dituduh oleh para pejabat intelijen Inggris sedang mencoba pergi ke Somalia di mana dia diyakini punya kaitan dengan seseorang yang punya koneksi ke kelompok Mujahidin al-Shabab.
Menurut salah satu email yang dikirimkan kepada Cage, beliau juga marah akibat dilarang terbang dari London ke Kuwait pada 2010.
“Saya punya pekerjaan yang sudah menanti saya dan pernikahan yang sudah siap sedia,” tulis beliau dalam email yang disiarkan Cage.  “Tapi kini saya merasa seperti tahanan, hanya saja tidak di dalam kurungan, melainkan di London.”
Beliau menyebut dirinya sebagai orang yang terpenjara dan dikendalikan oleh para petugas keamanan, “menghentikan saya dari kehidupan saya di tempat dan negara kelahiran saya, Kuwait.”
“Dia mati-matian ingin memanfaatkan sistem untuk mengubah situasinya namun sistem akhirnya menolak dia,” kata Qureshi. “Kasus ini semestinya memicu pemikiran mengenai kebijakan dalam negeri dan luar negeri Inggris.”
“Penaksiran-penaksiran risiko apakah, jika ada, yang telah dibuat oleh kebijakan kontraterorisme Inggris dan bagian kunci yang dimainkannya dalam meradikalisasi seseorang?” kata dia.
Dalam berbagai video yang diposting secara online, Jihadi John kerap tampil mengenakan pakaian serba hitam dengan hanya kelihatan matanya, sembari memegang pisau ketika melontarkan kecaman kepada Barat.
Gaya beliau begitu khas, dengan aksen Inggris yang kental, yang kemudian menjadikan Jihadi John nama yang menggentarkan bagi warga Barat dan orang-orang murtad yang memusuhi Daulah Khilafah. Siapa pun akhirnya beliau-apakah benar beliau adalah Mohammad Emwazi-tidak lagi menjadi penting, dikarenakan beliau dan sosoknya sudah melekat sebagai Jihadi John, tetap akan mengatakan : “Pisau ini akan menjadi mimpi burukmu”. Allahu Akbar!

Sumber : diolah dbs
https://al-mustaqbal.net/apakah-sosok-jihadi-john-adalah-mohammad-emwazi/

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More